Selasa, 02 Oktober 2012

Ruang lingkup perawatan mobil itu besar jadi tidak hanya terbatas pada cuci mobil dan ganti oli serta ban saja. Tahap perawatan mobil yang sering dilupakan ketika kita sudah mulai mengemudikan mobil. Padahal dengan mengemudikanya dan menyalakan dengan benar, sebenarnya kita secara tidak langsung sudah melakukan perawatan mobil.
Berikut cara mengemudikan mobil dengan benar:
  • Jangan memanaskan mobil terlalu lama ketika mobil diam di tempat karena ini hanya membuat mobil cepat rusak. Pada saat pemanasan ini, mobil tidak akan membakar bahan bakar secara sempurna.
  • Jangan memacu mobil terlalu kencang karena akan cepat membuat mesin panas dan rusak.
  • Jangan tiba-tiba mengereman, starter dan belok karena akan mengejutkan ban dan mesin mobil.
  • Jangan terlalu ekstrim dalam membanting stir karena dapat merusak pompa power-steering.
  • Bila mobil menggunakan transmisi otomatis (automatic), pindahkan transmisi otomatis ke manual ketika sedang menunggu lampu hijau. Jika tidak, mesin akan tetap berkerja keras walaupun pada saat itu mobil sudah berhenti. Mesin yang terus bekerja akan cepat rusak.
  • Kendarain mobil dengan hati-hati dan hindarilah benda-benda tajam yang ada di jalan karena akan cepat merusak ban.
  • Jagalah jarak dengan mobil depan, belakang dan samping agar mobil tidak baret karena gesekan atau penyok karena tabrakan. Minimum jaraknya 15 cm lah biar aman.
  • Jagalah dengan baik rem. Bila merasa rem sudah mulai blog dan kampas rem mulai tipis, langsung ganti.
Semoga info ini berguna hm-
Agu
07
Mobil merupakan salah satu mobil mewah sehingga tidak heran untuk membelinya perlu uang yang cukup banyak. Dikarenakan harganya yang mahal, tidak heran bila setiap pembelinya harus tahu dasar- dasar perawatan mobil. Pada musim kemarau memang jarang hujan sehingga tidak perlu sering cuci mobil namun tidak berarti Anda harus lengah tetapi Anda tetap harus melakukan perawatan mobil.
Berkut tips perawatan mobil untuk musim kemarau:
  1. Jangan biarkan mobil Anda disinari matahari secara langsung. Parkir mobil Anda ditempat yang teduh agar warna cat tidak pudar dan kusam. Ini adalah perawatan mobil paling dasar di musim kemarau.
  2. Tetap ganti ban setelah mobil berjalan sebanyak 5.000 8.000 kilometer atau ketika bad sudah botak. Dan cek selalu tekanan udara bad secara berkala minimal 1 kali seminggu.
  3. Cuci mobil secara berkala, karena pasti banyak debu dan kotoran dari aspal yang menempel terutama pada bagain brake dust. Karena tidak ada hujan, debu akan bebas berterbangan di jalan.
  4. Gunakan bahan bakar yang terjamin mutunya untuk menjaga keawetan mesin apalagi pada cuaca panas. Mesin yang sering diisi dengan bahan bakar campuran akan lebih cepat rusak.
  5. Tetap cek dan ganti belt mesin yang sudah rusak . Belt ini sangat penting jadi jangan tunggu hingga rusak.
  6. Pastikan semua lampu mobil berfungsi. Bila Anda ingin menganti lampu sen yang rusak sendiri, harap Anda tidak menyentuh bagian kaca lampu. Ketika Anda menyetuh kaca lampu, tangan Anda akan secara tidak segaja menyisahkan minyak dan lemak yang dapat menyebabkan lampu pecah ketika Anda menyalakan mesin mobil.
Semoga tips perawatan mobil ini membantu. hm-
Category: otomotif, tips  Tags:  2 Comments
Jul
12
Perawatan mobil untuk menjaga keawetan mobil baik pada musim hujan ini sangat dibutuhkan. Musin hujan merupakan musim dimana mobil cepat rusak. Air hujan mengandung garam yang dapat merusak permukaan cat mobil, bila didiamkan terlalu lama takutnya dapat membuat permukaan mobil berkarat dan kusam. Untuk mencegahnya , berikut tips perawatan mobil yang bisa digunakan:
  1. Cek bagian saringan, saluran, tangki bahan bakar untuk memastikan tidak ada kebocoran atau lubang yang menjadi jalan masuk bagi air agar bahan bakar tidak tercampur dengan air.
  2. Selain tempat bahan bakar, cek juga bagian penutup sistem elektrik. Pastikan air tidak akan masuk karena air yang masuk akan membuat mobil mogok karena alus pendek.
  3. Pada saat mobil kena hujan, jangan tunggu air di permukaan mobil kering untuk dicuci. Gunakan sabun mobil berbusa dan spon halus saat pencucian mobil. Ini bagian penting dalam perawatan mobil.
  4. Semprokan Silicone Spray secara berkala pada komponen mobil yang terbuat dari karet dan kaca. Hal ini untuk menjaga kelenturan dan memperkuanya.
  5. Gunakan Contact Cleaner dalam proses perawatan mobil Anda. Gunakan ini pada bagian mobil yang menggunakan sistem elektrik untuk mengantisipasi masuknya air dari hujan atau genangan air.
  6. Secara berkala aplikasikan pelumas untuk bagian engsel pintu mobil agar tidak berkarat.
  7. Letakan mobil di bagasi atau tempat parkir tertutup (mobil udah harus dalam keadaan kering) agar tidak kena hujan lagi setelah dicuci maupun sebelum kena hujan.
  8. Lapisilah lantai di dalam mobil dengan koran agar saat hujan, Anda dapat masuk tanpa membasahi lantai. Ini akan membantu mencegah tumbuhnya jamur di dalam mobil.
Semoga 8 cara ini berguna saat Anda melakukan perawatan mobil. 8 cara perawatan mobil ini bisa dipraktekan walaupun tidak hujan. 8 cara ini pun bisa dilakukan untuk perawatan kendaraan lainnya selain mobil. hm-
Jun
24
Perawatan mobil yang baik bisa mencegah datangnya karat. Karat pada mobil akan menurunkan harga serta nilai penampilan. Karat bisa menyerang mobil baru maupun lama. Tidak ada kata anak emas di dalam kamus si karat. Dia hanya tahu bahwa dia harus menyerang mobil yang tidak memiliki pertahanan sama sekali. Pertahanan atau imun mobil terhadap karat hanya bisa dibangun dengan perawatan mobil yang tepat.
Berikut tips perawatan mobil yang tepat:
  1. Bersihkan mobil secara teratur terutama jika mobil sering kena hujan dan lumpur. Jangan biarkan mereka kering dan melekat pada badan mobil Anda.
  2. Ketika mobil kena hujan, siram dengan air bersih kemudian lap dengan kain lembut.
  3. Bersihkan mobil agar RushProof agar bisa diaplikasikan dengan baik. Jangan lupa gunakan sarung tangan, masker dan pelindung mata ketika mengaplikasikannya.
  4. Gunakan produk cat pelindung. Cat pelindung mobil merupakan salah satu tool perawatan mobil yang penting karena dengan cat pelindung ini, Anda akan melindungi cat mobil Anda dari sinar ultra violet, polusi cuaca buruk serta debu.
  5. Wax mobil 2 kali setahun. Wax akan menjaga cat mobil tetap awet. Lebih baik wax daripada polish karena wax menebalkan sedangkan polish menipiskan cat pelindung mobil.
Semoga 5 tips perawatan mobil ini membantu. Bila Anda merasa masih bingung tidak salahnya meminta pendapat professional (orang bengkel / perusahaan mobil. Mintalah petunjuk kepada mereka saat Anda membeli mobil atau mebawa mobil Anda ke servis, pastinya mereka dengan senang hati membantu. hm-
Mei
29
Umumnya orang yang berpikir bahwa perawatan mobil putih lebih sulit dibandingkan mobil dengan warna silver atau hitam. Namun pemikiran yang sudah tertanam dan mengakar ini ternyata salah besar karena survei membuktikan bahwa mobil hitam lebih membutuhkan perawatan ekstra daripada mobil dengan warna lain.
Pak Harry S yang merupakan salah satu instruktur bengkel Auto2000 Ciledug menegaskan bahwa hitam membutuhkan perhatian ekstra saat proses pengecatan, pemolesan dan pengamplasan dibandingkan warna lain. Pak Harry menjelaskan bahwa mereka sangat berhati hati dalam dalam pengecatan mobil hitam terutama saat pengamplasan karena sedikit saja kesalahan yang dilakukan, pengecatan harus dilakukan ulang dari awal.
perawatan mobil hitam
perawatan mobil hitam
Untuk menjaga keawetan warna hitam, pemilik mobil harus melakukan perawatan mobil secara rutin. Beberapa tips perawatan mobil yang bisa digunakan untuk mobil hitam adalah
  • Siram dengan air bersih dan lap hingga kering ketika mobil diguyur hujan.
  • Cuci mobil secara berkala dengan sabun mobil yang lembut.
  • Lakukan polishing setelah proses pencucian untuk mengikis kotaran atau jamur.
  • Lakukan waxing dengan lembut pada mobil setelah proses polishing agar menjaga keawetan cat.
  • Hindari sinar matahari langsung karena sinar matahari bisa membuat warna kusam.
Semoga 5 tips perawatan mobil ini bisa berguna. hm-
Mei
12
Perawatan mobil tidak digunakan atau tidak terpakai adalah perawatan yang dikhususkan untuk mobil masih bagus namun hanya disimpan di garasi alias tidak digunakan untuk waktu yang terbilang cukup lama. Biarpun tidak digunakan mobil tetap harus dirawat.
Menyimpan mobil dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kinerja mobil turun. Mesin yang kelamaan tidak digunakan biasanya akan berkarat dan fungsinya turun. Bahan bakar yang tersisa saat menyimpan mobil akan mengering dan menempel pada mesin sehingga mobil menjadi boros. Untuk mengcegah hal ini terjadi, para pemilik mobil harus tetap melakukan perawatan mobil secara berkala. Tentu saja perawatan mobil tidak terpakai lebih dikit daripada saat mobil masih digunakan.
Berikut beberapa tips perawatan mobil untuk mobil yang tidak terpakai:
  • Cuci serta wax mobil secara berkala minimal satu kali dalam dua minggu.
  • Bersihkan bagian interiornya setelah bagian eksteiornya bersih.
  • Untuk interior kulit, jangan lupa memberi kondisioner khusus.
  • Sekali kali nyalakan mobil agar minyaknya tidak kering dan menjadi kerak (proses pemanasan mobil).
  • Jangan lupa sekali sekali memeriksa aki mobil. Bila aki mobil habis karena proses memanaskan mobil, isi kembali atau ganti yang baru.
  • Letakan penghalang uap di lantai garasi agar uap tidak mengenai mobil.
  • perawatan mobil tidak digunakan
    perawatan mobil tidak digunakan
    Lepaskan rem parkir ketika tidak digunakan untuk menghindari korosi rem.
  • Tutup knalpot dengan kain untuk mencegah udara lembab masuk. Lepaskan bila mobil akan digunakan atau dipanasi.
Semoga tips perawatan mobil ini berguna untuk Anda dan dapat menjaga keaweta mobil Anda. hm-
Mei
08
Untuk mendapatkan sebuah mobil baru, pastinya uang dikeluarkan tidaklah dikit sehingga sangat disayangkan kalau mobil baru yang dibeli rusak hanya dalam hitungan beberapa minggu atau malah dalam hitungan beberapa hari. Untuk mencegah kerusakan baik para bodi maupun mesin, lebih baik melakukan perawatan mobil secara rutin. Dengan perawatan mobil yang rutin, pemilik dapat menghemat uang dalam jangka panjang dan meningkatkan nilai jual mobil kembali. 3 keuntungan yang langsung didapat.
Berikut beberapa tips perawatan mobil yang bisa dilakukan untuk menjaga penampilan mobil:
  • Pada saat pertama pembelian mobil baru, biasanya diberitahukan kecepatan maksimum dianjurkan oleh pabrik pembuatnya. Lebih baik ikuti ajuran tersebut agar mesin dan ban tidak cepat aus.
  • Hindari jalan yang rusak baik itu lubang maupun batu karena jalan yang tidak bersahabat sangat cepat merusak ban mobil.
  • Jangan menganggurkan mobil terlalu lama karena dapat membuat residu bahan bakar lengket di dinding silinder yang dapat menyebabkan kerusakan mesin dan komsumsi bahan bakar meningkat.
  • Bersihkan eksterior mobil satu minggu sekali (mungkin pas sabtu dan minggu). Kotoran dan debu yang menempel pada bodi mobil bisa membuat cat cepat terlihat kusam. Agar warna bodi mobil tetap kinclon dan terjaga, wax permukaannya dengan produk wax mobil satu bulan sekali.
  • Jangan lupa membersihkan interior mobil dengan lap basah, sikat halus dan penyedot debu. Khusus untuk jok, gunakan konditioner yang cocok dengan jenis kulit sebulan sekali.
  • perawatan mobil baru
    perawatan mobil baru
    Jangan biarkan mobil kehabisan bensin / solar. Isilah sebelum bensin / solar mobil habis. Ini merupakan perawatan mobil paling dasar.
  • Cek secara rutin mesin mobil yang lain seperti aki, tempat penyimpanan air wiper dan lainnya. Pastinya semuanya berkerja dengan baik.
  • Isi ban segera dengan angin bila merasa tekanan angin dalam ban sudah berkurang. Namun juga jangan berlebihan mengisi anginnya.
  • Lindungi jok mobil dengan pelindung yang tidak akan merusak warna serta mengores kulit jok mobil.
Semoga tips perawatan mobil baru diatas bisa berguna. hm-
Mei
07
Perawatan mobil terbagi atas dua yaitu perawatan mobil eksterior dan interior. Membersihkan debu secara teratur memang cukup untuk perawatan mobil bagian interior namun untuk interior yang berbahan kulit, perawatan sederhana ini tidak akan cukup.
Dalam melakukan perawatan interior mobil yang berbahan kulit, Anda harus terlebih dahulu mengetahui tipe kulit yang digunakan. Sejauh ini ada 2 tipe bahan kulit yang paliang sering digunakan yaitu kulit yang sudah dilapisi pelindung dan kulit yang tidak memiliki lapisan pelindung. Anda harus menanyakan kepada dealernya tentang jenis kulit ini untuk pastinya.
Bila malas bertanya, masih ada cara lain yang bisa digunakan. Cara yang satu ini dinamakan tes tetesan air. Jatuhkan beberapa tetes air dengan menggunakan pipet atau sendok pada kursi mobil. Tunggu beberapa saat. Bila air yang Anda teteskan diserap oleh kursi berarti kursi tersebut menggunakan bahan kulit tanpa pelindung. Jika air tidak diserap berate kulit kursi Anda menggunakan bahan kulit pelidung.

Perawatan Mobil Khusus Interior Kulit

Berikut perawatan mobil yang bisa digunakan untuk interior kulit dengan lapisan pelindung:
  • Gunakan sabun atau deterjenpembersih yang ringan untuk membersihkan setiap interior yang berbahan kulit.
  • Hindari deterjen atau sabun yang keras dan kuat karena akan merusak pelindung dari kulit.
  • Jangan pernah berpikir untuk menyikatnya menggunakan sikat kaku seperti sikat kawat. Gunakan sikat lembut seperti sikat gigi untuk membersihkan bagian sudut.
  • Jangan lupa lap dengan kain basah beberapa kali agar sabunnya hilang.
  • Terakhir lap dengan lap lembut yang kering.
Berikut perawatan mobil untuk interior kulit yang tidak memiliki lapisan pelindung:
  • Belilah pembersih kulit yang cocok untuk jenis kulit ini.
  • Gunakan pembersih kulit dengan mengoleskannya terlebih dahulu pada kain putih. Penggunaan kain putih sangat penting agar Anda bisa tahu apakah Anda juga menghapus warna kulit interior mobil atau tidak.
  • Lap semua bagian mobil yang berbahan kulit terutama kursi.
  • Gunakan kain lembab (kain yang sudah diperas) untuk membersihkan pembersih kulit yang telah digunakan.
  • Jangan lupa lap hingga kering dengan menggunakan lap kering yang lembut.
  • Setelah memastikan semua bagian sudah dilap kering, gunakan kondisioner kulit khusus untuk interior mobil untuk pelindungan ekstra.
  • Biarkan selama 15 menit agar kondisionernya meresap dan perawatan mobil yang dijalankan tidak sia-sia.
Semoga tips ini membantu perawatan mobil Anda. hm-
Mar
28
Kemarin demo besar sudah terjadi. Demo tersebut merupakan tanda pelawanan kepada keputusan pemerintah untuk menaikan harga BBM. Naiknya harga BBM akan mempergaruhi banyak hal seperti harga barang, tarif angkot dan biaya pengeluaran perbulannya. Biarpun harga BBM dan barang lainnya naik, perawatan mobil harus tetap dilakukan.
Perawatan mobil yang bisa dilakukan dalam keadaan ini adalah perawatan mobil sederhana yang juga bisa dilakukan oleh orang awam seperti:
  • Bila benang ban mobil Anda sudah kelihatan, saatnya mengganti ban tersebut dengan yang baru.
  • Tekanan udara di dalam ban mobil harus sesuai dengan spesifikasi pabrik. Biasanya, tekanan ban yang benar dapat ditemukan di buku manualnya.
  • Jangan menggunakan ban yang lebih lebar dan besar daripada ukuran yang diberikan pabrik. Ban yang terlalu besar atau lebar cepat merusak mobil Anda.
  • Cuci mobil Anda secara berkala dari ban hingga atap agar bersih dan tidak berkarat.
  • Jangan lupa melepas kabel baterai ketika mencuci mobil. Kabel baterai dibersihkan dengan sikat kawat dan baking soda.
  • Pastikan koneksi baterai aki mobil tetap kencang.
  • Jaga jangan sampai tangki pelumas kosong, belt ausan dan selang tersumbat.
  • Periksa rem mobil dengan teliti. Rem mobil perlu dibersihkan atau sepatu rem harus diganti bila rem berderit saat diinjak. Bila mobil agak condong saat pengereman, mungkin rem kekurangan hidrolik. Jika tidak ada tolakan saat menginjak rem, saatnya memberi minyak rem lagi. Seandainya rem turun hingga ke bawah saat diinjak berarti rem udah tipis.
  • Ganti wiper lama dengan yang baru bila wiper lama sudah tidak berfungsi secara optimal.
  • Jangan lupa cek up secara rutin ke bengkel mobil resmi untuk melakukan perawatan mobil lebih lanjut.
  • perawatan-kendaraan-mobil
    perawatan-kendaraan-mobil
    Dengan perawatan mobil secara rutin, mobil akan bertahan untuk waktu yang cukup lama dan tidak akan rewel atau sedikit sedikit rusak.
Perawatan Mobil Yang Tepat Akan Menghemat Pengeluaran hm-
Mar
11
Hujan bisa menjadi masalah besar untuk para pemilik mobil. Kenapa? karena mobil bisa berkarat. Lol kok bisa? Mobil terbuat dari besi kan? Nah besi yang sering terkena oleh air akan berkarat makannya banyak orang yang memiliki mobil pasti memiliki cara atau produkanti karat mobil.
Untuk mencegah mobil berkarat, berikut ini beberapa tips anti karat mobil yang bisa digunakan:
  • Melapisi kolong mobil dengan produk anti karat mobil alias produk anti karat khusus untuk mobil. Kolong mobil merupakan bagian yang paling sering bertemu dengan air baik itu karena banjir kecil / besar ataupun air bekas hujan. Semakin sering kolong bertemu dengan air semakin cepat dia berkarat, jadi cari produk anti karat mobil yang tepat.
  • Jalur pembuangan air dilengkapi untuk membuang air dari mobil. Jalur pembuangan air yang jarang dibersihkan akan berkarat walaupun dicat dengan cat mobil terbaik namun air sangat sabar dalam melakukan pekerjaannya yaitu membuat jalur pembuang itu berkarat.
  • Knalpot mobil merupakan salah satu bagian mobil yang berada di bawah kolong mobil sehingga sangat mudah terciprat oleh air. Kebanyakan knalpot menggunkan mesin sehingga membuatnya cepat berkarat. Jangan lupa menyiramnya dengan air bersih untuk membasuh asam dari air hujan atau lumpur kemudian di lap hingga kering menggunakan lap lembut.
  • Pelek Mobil merupakan bagian yang tidak terlindungi dari air namun tidak berarti dia tidak akan berkarat. Malahan dia merupakan salah satu bagian yang bisa berkarat walaupun membutuhkan proses yang cukup lama. Jangan lupa menyiramnya dengan air bersih untuk mencuci keasaman dari air hujan atau lumpur kemudia lap kering.
  • Mesin Mobil memang terlindungi dengan kap mobil namun kap maupun mesin mobil masih tetap bisa berkarat karena air hujan atau udara yang sangat lembab. Untuk kap, pemilik mobil masih bisa menyiramnya dengan air bersih dan dilap dengan kain keringbila mobil terkenl hujan namun mesin mobil harus meminta alihnya.
Bila mobil sudah terlanjur berkarat, satu satunya jalan adalah mencari jasauntuk membersihkan karatnya dan memberikan pelindungan anti karat mobil seperti Otogard. Otogard tidak hanya menyediahkan jasa tapi juga produk anti karat mobil yang bisa digunakan sendiri bila tidak ada waktu untuk ke bengkel Otogardnya. Menjaga mobil menggunakan produk anti karat mobil juga merupakan salah satu caraperawatan mobil dasar yang harus diketahui oleh pemilik mobil. Semoga berguna. Semoga berguna hm-

1 komentar:

  1. oke mas bro, terimakasih buat tipsnya
    berguna banget

    salam kenal, ditunggu kunjungannya....

    BalasHapus